Browse » Home »
Profil CU BV
» LOGO BARU CU BONAVENTURA
LOGO BARU CU BONAVENTURA
Mulai Januari 2010 CUBV mengganti logo lama yang sudah 10 tahun lebih digunakan. Penggantian logo itu merupakan bagian dari strategi memperbaiki kinerja untuk menuju predikat ACCES Branding. Dan juga untuk memperkenalkan CUBV kepada seluruh masyarakat.”Logo lama sebenarnya milik WOCCU sehingga tidak berhak untuk kita gunakan”, demikian kata General Manager H.Darmawansyah.
Dengan berlakunya logo baru tersebut maka semua material yang memuat logo lama mulai dari desain kop surat, map, bendera, plang nama TP, buku simpanan dan sebagainya yang menggunakan logo lama akan diganti dan menunggu habis terpakai.
Saat dikonfirmasi bagaimana cara memperkenalkan logo ini pada anggota, Manajer Bidang Pemasaran ,Chr Nur Widyono mengatakan,”CU tidak mengeluarkan biaya atau acara khusus untuk memperkenalkan logo baru, baik ke kalangan anggota maupun masyarakat luas. Sosialisasi dilakukan bersamaan dengan pendidikan dasar atau spanduk. Tampilan logo baru membuat kita lebih percaya diri''. Setiap staf juga wajib menjelaskan bahwa ada logo baru, berikut alasan pergantian logo.
Identitas baru CUBV merupakan hasil desain bersama staf dan pengurus. Hasilnya tercipta sebuah identitas yang tampak lebih segar, modern, dinamis, serta menggambarkan citra organisasi yang baru. Pencarian identitas logo ini melalui serangkaian tahapan yang harus dilewati. Pertama adalah Identifikasi. Disini dipikirkan gambar seperti apa yang diinginkan? Langkah berikutnya adalah melakukan riset.”Kami mengadakan riset kecil-kecilan dan diskusi dengan pengurus dan sesama staf untuk menggali sisi historis, visi, misi, nilai, filosofi, hingga pilar CU. Hasil bincang-bincang tadi dianalisis dan dituangkan dalam konsep desain”.
Jika dilihat lebih jauh logo dengan siluet tangan menopang bola dunia ini terkesan penuh makna. Terdiri dari garis biru dan pink yang ada di samping bola dunia. Didalam bola dunia terdapat gambar keluarga dan pulau Kalimantan. Logo ini merupakan cerminan dari pilar CU yaitu swadaya, solidaritas, pendidikan, serta Visi dan Misi CU Bonaventura.
Untuk lebih mengenal logo ini, ada baiknya kita melihat arti dari simbol-simbol tersebut.
1. Gambar sebuah keluarga (bapak, ibu dan anak) :
Ket. Gambar :
Menegaskan bahwa yang dibangun CU adalah manusia untuk mewujudkan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera, bahagia dan terlindungi.
Bergandengan Tangan menggambarkan anggota saling menolong, bekerja sama, dan dinamis.
Anak-anak berada disamping (luar) orang tua, menggambarkan bahwa CU dan orang tua memungkinkan anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.
Ket. Warna :
Orange :
• Warna ini merupakan melambangkanl kekuatan dan semangat.
Hijau Muda:
• Lambang pertumbuhan dan keharmonisan.
2. Gambar bola dunia :
Ket. Gambar :
Gerakan CU merupakan gerakan yang menglobal (Mendunia)
Ket. Warna :
Biru :
Warna ini merupakan lambang stabilitas dan kehandalan.
3. Gambar Pulau Kalimantan :
Ket. Gambar :
Menggambarkan Visi Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura yang Sehat, Aman dan Terpercaya di Kalimantan
Ket. Warna :
Hijau :
Warna ini merupakan lambang kehidupan dan kesejahteraan
4. Gambar tangan kiri dan tangan kanan
Ket. Gambar :
Tangan Kanan menggambarkan SWADAYA , Tangan Kiri menggambarkan SOLIDARITAS
Tangan terbuka menggambarkan bahwa Koperasi Kredit (Credit Union) Bonaventura bersifat terbuka.
Tangan yang menggenggam Bola Dunia, Pulau Kalimantan, dan keluarga menggambarkan kekuatan (power) dari Credit Union.
Ket. Warna :
Biru Tua :
• Warna ini merupakan lambang Ketekunan dan Kesetiaan.
Pink :
• Warna ini merupakan lambang Cinta dan kebahagiaan.
Logo sangat penting bagi sebuah lembaga seperti CU. Karena itu pembuatannya tidak bisa sembarangan. Logo sebagai sebuah gambar dapat menjadi wakil CU dalam pikiran orang. Begitu melihat logo maka pikiran orang akan memikirkan sesuatu atau memunculkan persepsi yang berhubungan dengan CU tersebut. Dari persepsi tersebut akan terbentuk citra. Sehingga logo harus mengandung pesan yang ingin disampaikan pada semua orang baik anggota maupun masyarakat. Pemilihan makna, warna atau bentuk harus disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan.
Dengan logo baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja CU sehingga tidak hanya tampilan luar yang tampak cantik tapi juga isinya. Yang pada akhirnya akan mengarah pada terwujudnya visi CU Bonaventura yang sehat, aman, dan terpercaya di Kalimantan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Comments :
0 komentar to “LOGO BARU CU BONAVENTURA”
Posting Komentar